Manfaat Lokakarya Guru Penggerak?
0

Manfaat Lokakarya Guru Penggerak?


Lokakarya guru penggerak adalah salah satu kegiatan dalam Program Pendidikan Guru Penggerak (PPGP) yang bertujuan untuk menciptakan guru-guru yang mampu menjadi pemimpin pembelajaran dan menggerakkan ekosistem pendidikan yang lebih baik di sekolah dan komunitasnya. Lokakarya ini melibatkan guru penggerak (GP), pengajar praktik (PP), dan fasilitator (F).

Lokakarya yang di ikuti Sekolah Penggerak (PSP) Angkatan 3 ,oleh karena itu Kepala Sekolah dan Bapak Ibu Guru dari SMP Terpadu Darul Dakwah,  SMPN1 Mojosari, SMPN1 Dawarblandong, SMPN1 Gedeg, SMPN2 Mojosari, SMPN2 Puri, Dan SMPN2 Kemlagi kabupaten Mojokerto yang mengikuti sekolah penggerak sangat antusias dalam kegiatan dalam Program Pendidikan Guru Penggerak (PPGP).



Subscribe Youtube


Lokakarya ini menggunakan metode pembelajaran aktif, interaktif, kolaboratif, dan reflektif. Guru Penggerak diberikan kesempatan untuk berdiskusi, berbagi pengalaman, melakukan simulasi, membuat presentasi, melakukan observasi kelas, memberikan umpan balik, dan membuat rencana aksi. 

    Guru Penggerak juga diberikan tugas-tugas yang harus diselesaikan sebelum, selama, dan sesudah lokakarya, seperti membaca bahan bacaan, menulis refleksi, mengisi lembar kerja, membuat portofolio, dan mengaplikasikan pembelajaran di sekolah dan komunitasnya.

    Lokakarya guru penggerak memberikan manfaat bagi guru penggerak, pengajar praktik , fasilitator, sekolah, dan komunitas. 

    Berikut adalah beberapa manfaat yang dapat dirasakan:

    Lokakarya ini memberikan kesempatan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, sikap, dan nilai-nilai yang dibutuhkan untuk menjadi guru penggerak. 

    Membangun jejaring dan kolaborasi dengan rekan-rekan guru lainnya dari berbagai daerah dan latar belakang. Dapat mendapatkan inspirasi, motivasi, dan dukungan dari pengajar praktik dan fasilitator yang berpengalaman di bidang pendidikan.

    Bagi pengajar praktik dan fasilitator, lokakarya ini memberikan kesempatan untuk berbagi ilmu, pengalaman, dan praktik baik yang dimiliki kepada guru penggerak. pengajar praktik dan fasilitator juga dapat meningkatkan kemampuan mereka dalam hal mengajar, mendampingi, dan memfasilitasi pembelajaran. 

    Pengajar praktik dan fasilitator juga dapat memperluas jaringan dan kolaborasi dengan rekan-rekan pengajar praktik dan fasilitator lainnya serta stakeholder pendidikan di daerah.

    Bagi sekolah, lokakarya ini memberikan dampak positif terhadap peningkatan kualitas pembelajaran di kelas. Guru Penggerak yang telah mengikuti lokakarya ini dapat menerapkan pembelajaran yang berpusat pada murid dengan melibatkan orang tua dan komunitas. 

    Guru Penggerak juga dapat menggerakkan komunitas belajar di sekolah dengan berbagi dan berkolaborasi dengan rekan-rekan guru lainnya. Guru Penggerak juga dapat memimpin pengembangan sekolah dengan mewujudkan visi sekolah yang berpihak pada murid dan relevan dengan kebutuhan komunitas.

    Bagi komunitas, lokakarya ini memberikan kontribusi terhadap peningkatan kesejahteraan sosial dan ekonomi di daerah. Guru Penggerak yang telah mengikuti lokakarya ini dapat bekerja sama dengan orang tua dan komunitas untuk mendukung proses pembelajaran murid di luar sekolah. 

    Guru Penggerak juga dapat menumbuhkan kepemimpinan murid dengan memberikan kesempatan kepada murid untuk berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan sosial dan lingkungan. Guru Penggerak juga dapat menjadi agen perubahan yang mendorong transformasi pendidikan di Indonesia.

    Postingan Lebih Baru Postingan Lebih Baru Postingan Lama Postingan Lama

    Related Posts

    Komentar

    Posting Komentar