Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada siswa SMP generasi berkelanjutan
0

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada siswa SMP generasi berkelanjutan


Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada siswa SMP generasi berkelanjutan adalah sebuah inisiatif yang bertujuan untuk memperkuat pemahaman dan implementasi nilai-nilai Pancasila pada siswa SMP Terpadu darul Dakwah. Projek ini merupakan bagian dari Kurikulum Merdeka yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Projek ini dilakukan melalui pendekatan pembelajaran berbasis projek, di mana siswa akan belajar menelaah tema-tema tertentu yang menjadi prioritas setiap tahunnya. Salah satu tema yang terkait dengan projek ini adalah gaya hidup berkelanjutan. Gaya hidup berkelanjutan adalah gaya hidup yang mengedepankan penggunaan energi yang terkini dan berupaya memenuhi kebutuhan tanpa harus mengubah dan mengurangi sumber energi bagi generasi berikutnya.


Melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, diharapkan siswa dapat memahami dan mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari serta menerapkan gaya hidup berkelanjutan. Projek ini juga melibatkan guru dan kepala sekolah dalam memahami esensi gaya hidup berkelanjutan dan mengajak siswa SMP Terpadu darul Dakwah untuk menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.


Subscribe Youtube

Manfaat dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ini antara lain:


  1. Membentuk ekosistem pendidikan yang terbuka untuk partisipasi dan keterlibatan masyarakat.
  2. Menghargai proses belajar dan membanggakan hasilnya.
  3. Meningkatkan pemahaman dan implementasi nilai-nilai Pancasila.

Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dilakukan melalui Kurikulum Merdeka. Dalam kurikulum ini, sejumlah 20-30 persen jam pelajaran dari setiap mata pelajaran dialokasikan untuk Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Projek ini diimplementasikan melalui pendekatan pembelajaran berbasis projek, di mana siswa akan belajar menelaah tema-tema tertentu yang menjadi prioritas setiap tahunnya.


Laporan hasil Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dilaporkan dalam rapor akhir tahun (semester 2) siswa SMP Terpadu darul Dakwah. Laporan tersebut menggambarkan perkembangan subelemen Profil Pelajar Pancasila yang dipilih dalam tema projek di tahun ajaran. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila tidak terkait dengan mata pelajaran, sehingga laporan hasil belajar tidak disusun per mata pelajaran.


    Dalam pelaksanaan projek ini, siswa diharapkan dapat membangun kesadaran untuk bersikap dan berperilaku ramah lingkungan serta mencari jalan keluar untuk masalah lingkungan. Melalui pengelolaan sampah, siswa diharapkan dapat membangun sikap peduli terhadap alam sekitar dan menerapkan gaya hidup serta perilaku yang lebih berkelanjutan dalam keseharian.

    Dengan demikian, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada siswa SMP Terpadu darul Dakwah generasi berkelanjutan bertujuan untuk memperkuat pemahaman dan implementasi nilai-nilai Pancasila serta mendorong siswa SMP Terpadu darul Dakwah untuk menerapkan gaya hidup berkelanjutan dalam kehidupan sehari-hari.


    Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada siswa SMP generasi berkelanjutan adalah inisiatif yang difokuskan pada siswa tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP), dengan tujuan memperkuat pemahaman, kesadaran, dan penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan mereka secara berkelanjutan. Berikut adalah beberapa langkah konkret yang dapat diambil dalam proyek ini:

    1. Kurikulum yang Terintegrasi: Memastikan bahwa kurikulum SMP mencakup pendidikan tentang Pancasila, baik dalam mata pelajaran khusus maupun sebagai elemen terintegrasi dalam berbagai mata pelajaran. Ini memungkinkan siswa untuk memahami dan menginternalisasi nilai-nilai Pancasila dalam konteks yang relevan.

    2. Pelatihan Guru: Memberikan pelatihan kepada guru di SMP Terpadu darul Dakwah untuk meningkatkan pemahaman mereka tentang Pancasila dan bagaimana mengajarkannya secara efektif kepada siswa.

    3. Kegiatan Ekstrakurikuler: Mendukung kegiatan ekstrakurikuler yang berfokus pada pemahaman dan penerapan nilai-nilai Pancasila. Ini dapat mencakup klub Pancasila, debat, diskusi, dan aktivitas lain yang menggali lebih dalam nilai-nilai tersebut.

    4. Penyelenggaraan Seminar dan Lokakarya: Mengadakan seminar dan lokakarya berkala yang melibatkan siswa, guru, dan orang tua dalam diskusi tentang nilai-nilai Pancasila dan cara menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

    5. Proyek-Proyek Sosial: Mendorong siswa untuk terlibat dalam proyek-proyek sosial yang berhubungan dengan nilai-nilai Pancasila, seperti kegiatan kepedulian sosial, kerjasama antar-siswa, dan usaha-usaha lain yang mempromosikan kemanusiaan, persatuan, dan keadilan.

    6. Kampanye Kesadaran Siswa dan Orang Tua: Mengadakan kampanye informasi dan kesadaran untuk siswa dan orang tua tentang pentingnya Pancasila sebagai fondasi ideologi negara.

    7. Evaluasi dan Monitoring: Melakukan evaluasi reguler untuk mengukur sejauh mana siswa telah memahami dan menginternalisasi nilai-nilai Pancasila, dan memonitor perkembangan mereka sepanjang tahun ajaran.

    8. Kemitraan dengan Pihak Eksternal: Bekerja sama dengan lembaga-lembaga pendidikan, organisasi masyarakat, dan lembaga keagamaan untuk mendukung dan memperkuat pemahaman nilai-nilai Pancasila di kalangan siswa SMP.

    Proyek ini akan membantu siswa SMP Terpadu darul Dakwah untuk menjadi generasi berkelanjutan yang tidak hanya memahami, tetapi juga menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan mereka sehari-hari. Dengan pendidikan yang kokoh dan berkelanjutan, diharapkan siswa akan tumbuh menjadi warga negara yang bertanggung jawab, berlandaskan kemanusiaan, persatuan, dan keadilan, sesuai dengan prinsip-prinsip Pancasila.

    Postingan Lebih Baru Postingan Lebih Baru Postingan Lama Postingan Lama

    Related Posts

    Komentar

    Posting Komentar