Panduan Aplikasi e-Rapor Kurikulum Merdeka
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) terus menggencarkan Merdeka Belajar. Kepala Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Kemendikbudristek Anindito Aditomo secara resmi telah meluncurkan eRapor Kurikulum Merdeka bagi SD, SMP, SMA, SMK, SLB secara daring, Rabu, 30 November 2022.
Merdeka
Belajar memiliki kekhasan yang mendukung guru dan memberikan kepercayaan kepada
guru sebagai pendidik professional, sehingga guru bisa memiliki fleksibilitas
dalam Merdeka Belajar, terutama saat membuat keputusan. Keputusan yang dimaksud
ialah dalam koridor professional judgement, seperti menjalankan kurikulum
operasional di tingkat sekolah yang sesuai dengan kebutuhan, konteks, visi, dan
misi sekolah, termasuk juga membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang
lebih cocok dengan karakteristik siswa.
Fleksibilitas
dalam Merdeka Belajar memiliki tujuan jelas, bukan merdeka dalam arti seenaknya
tapi merdeka untuk menumbuhkembangkan siswa secara utuh, mengembangkan tumbuh
kembang karakter siswa.
eRapor untuk
membantu guru dan satuan pendidikan melaporkan hasil pembelajaran peserta didik
untuk dikomunikasikan ke orang tua atau wali. Selain itu, eRapor juga akan
meringankan beban administrasi guru. Aplikasi eRapor ini juga terkoneksi dengan
Dapodik. Sehingga, guru tidak perlu lagi menginput data peserta didik di
eRapor, sehingg prinsip memudahkan guru inilah yang dikembangkan secara
sederhana agar mudah digunakan.
"E-Rapor Kurikulum Merdeka"
Muatan Rapor
Kurikulum Merdeka
- Rapor Intrakurikuler
- Rapor P5
Peran
Pengguna di Satuan Pendidikan
a. Administrator:
- Mendaftarkan Webservice
- Mengambil data dapodik
- Membuat data user
- Mengecek dan menyesuaikan referensi data dari dapodik
- Membuat referensi Lokal (Pembelajaran, mapping rapor, penyesuaian logo sekolah dan pemda, TTD Kepsek dan TTD Wali Kelas, input tanggal rapor)
- Menyesuaikan referensi Tema, Dimensi, elemen-subelemen dan raeget capaian P5
- Menginput data projek dan deskripsi projek serta tema, elemen dan sub elemen tiap projek
- Menyusun Kelompok/Kelas dan Fasilitator Projek
- Cetak Leger dan Rapor Intra dan Rapor Projek
- Backup Restore Data e-Rapor
b. Guru:
- Menginput TP yang telah disusun
- Menyiapkan hasil penilaian
- Mengolah dan kirim Nilai akhir (Cukup mengisi 1 nilai saja)
- Proses Deskripsi (Deskripsi didapatkan dari pemilihan TP mana yang sudah tercapai dan belum tercapai)
- Input Capaian dan Catatan Projek P5
- Input Nilai Ekstrakurikuler
c. Wali
Kelas:
- Edit data siswa
- Input Rekap Kehadiran
- Input Nilai Ekstrakurikuler
- Input kenaikan kelas
- Cetak Leger dan Rapor Intra dan Rapor Projek
Materi selengkapnya dapat diunduh dalam tautan :
Materi e-Raport Download Disini