Panduan Aplikasi e-Rapor Kurikulum Merdeka


Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) terus menggencarkan Merdeka Belajar. Kepala Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Kemendikbudristek Anindito Aditomo secara resmi telah meluncurkan eRapor Kurikulum Merdeka bagi SD, SMP, SMA, SMK, SLB secara daring, Rabu, 30 November 2022.

Merdeka Belajar memiliki kekhasan yang mendukung guru dan memberikan kepercayaan kepada guru sebagai pendidik professional, sehingga guru bisa memiliki fleksibilitas dalam Merdeka Belajar, terutama saat membuat keputusan. Keputusan yang dimaksud ialah dalam koridor professional judgement, seperti menjalankan kurikulum operasional di tingkat sekolah yang sesuai dengan kebutuhan, konteks, visi, dan misi sekolah, termasuk juga membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang lebih cocok dengan karakteristik siswa.

Fleksibilitas dalam Merdeka Belajar memiliki tujuan jelas, bukan merdeka dalam arti seenaknya tapi merdeka untuk menumbuhkembangkan siswa secara utuh, mengembangkan tumbuh kembang karakter siswa.

eRapor untuk membantu guru dan satuan pendidikan melaporkan hasil pembelajaran peserta didik untuk dikomunikasikan ke orang tua atau wali. Selain itu, eRapor juga akan meringankan beban administrasi guru. Aplikasi eRapor ini juga terkoneksi dengan Dapodik. Sehingga, guru tidak perlu lagi menginput data peserta didik di eRapor, sehingg prinsip memudahkan guru inilah yang dikembangkan secara sederhana agar mudah digunakan.



"E-Rapor Kurikulum Merdeka"

Muatan Rapor Kurikulum Merdeka

  • Rapor Intrakurikuler
  • Rapor P5


Peran Pengguna di Satuan Pendidikan
a. Administrator:

  • Mendaftarkan Webservice
  • Mengambil data dapodik
  • Membuat data user
  • Mengecek dan menyesuaikan referensi data dari dapodik
  • Membuat referensi Lokal (Pembelajaran, mapping rapor, penyesuaian logo sekolah dan pemda, TTD Kepsek dan TTD Wali Kelas, input tanggal rapor)
  • Menyesuaikan referensi  Tema, Dimensi, elemen-subelemen dan raeget capaian P5
  • Menginput data projek dan deskripsi projek serta tema, elemen dan sub elemen tiap projek
  • Menyusun Kelompok/Kelas dan Fasilitator Projek
  • Cetak Leger dan Rapor Intra dan Rapor Projek
  • Backup Restore Data e-Rapor

b. Guru:

  • Menginput TP yang telah disusun
  • Menyiapkan hasil penilaian
  • Mengolah dan kirim Nilai akhir (Cukup mengisi 1 nilai saja)
  • Proses Deskripsi (Deskripsi didapatkan dari pemilihan TP mana yang sudah tercapai dan belum tercapai)
  • Input Capaian dan Catatan Projek P5
  • Input Nilai Ekstrakurikuler

c. Wali Kelas:

  • Edit data siswa
  • Input Rekap Kehadiran
  • Input Nilai Ekstrakurikuler
  • Input kenaikan kelas
  • Cetak Leger dan Rapor Intra dan Rapor Projek

Materi selengkapnya dapat diunduh dalam tautan :

Materi e-Raport Download Disini

e-Raport SD  Download Disini

e-Raport SMP  Download Disini

e-Raport SMA  Download Disini

e-Raport SMK  Download Disini

e-Raport SLB  Download Disini

 

Related Posts